Kamis, 25 Agustus 2011

KOMPONEN DAN JENJANG PENGKADERAN IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH



*      KOMPONEN PRA PERKADERAN ( MASTA )

A.    Pengertian
o        Yaitu suatu komponen awal yang berfungsi untuk mengenalkan dan memasyaraatkan IMM, sekaligus sebagai wahana rekruitmen anggota serta sebagai persiapan untuk memasuki perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD). Komponen pra perkaderan ini selanjutnya disebut Masa Ta’aruf yang disingkat Masta.


ü  KOMPONEN DAN JENJANG PERKADERAN UTAMA
ü  Darul Arqam

·         UMUM
A.    Pengertian
§  Darul Arqam adalah bagian utama system perkaderan IMM yang diselenggarakan dalam kesatuan waktu tertentu dan berjenjang.
§  Nama Darul Arqam asalnya berarti rumah Arqam, dinisbatkan kepada pemilik Arqam Ibn Abil Arqam yang digunakan oleh Rasulullah SAW. Sebgai tempat perkaderan islam di masa-masa pertama. Darul Arqam itulah lahir tokoh-tokoh Islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Siti Khodijah, Saad bin Abi Waqas dan lain-lain.

B.     Jenjang
§  Darul Arqam memiliki ting jenjang, yaitu :
§  Darul Arqam Dasar (DAD)
§  Darul Arqam Madya (DAM)
§  Darul Arqam Paripurna (DAP)









ü  DARUL ARQAM­­­­­­­­­­ DASAR
o   Pengertian
o      Yaitu perkaderan utama tingkat pertama dari tiga tingkat perkaderan, dan merupakan prasyarat bagi calon pemimpin IMM tingkat Komisariat.

o   Tujuan
o      Membentuk watak dan keribadian serta mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat Komisariat dan Cabang serta internalisasi dasar-dasar Islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitas, sebagi bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah.

ü  DARUL ARQAM MADYA

o    Pengertian
o      Yaitu perkaderan utama tingkat kedua dari tiga tingkat perkaderan, dan merupakan prasyarat bagi calon pimpinan IMM tingkat Daerah.

o    Tujuan
o      Mengembangkan karekter dan kepribadian cendikiawan serta mutu anggota hingga mencapai kualifikasi kader IMM yang mempunyai wawasan tingkat daerah dan nasional sebagi pemimpin umat.


ü  DARUL ARQAM PARIPURNA

o    Pengetian
o   Yaitu perkaderan utama tingkat ketiga dari tiga tingkat perkaderan, dan merupakan prasyarat bagi calon pimpinan IMM tingkat Daerah dan Pusat.

o    Tujuan
o      Meneguhkan gerakan pencerahan umat dalam pergulatan kebangsaan dan kemanusiaan sebagai gerakan ini-sel masyarakat.





*      KOMPONEN DAN JENJANG PERKADERAN KHUSUS

Jenjang Latihan Insruktur

ü  Latihan Instruktur Dasar (LID)
a)     Pengertian
Latihan Instruktur Dasar (LID) adalah kegiatan perkaderan khusus yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga instruktur tingkat Cabang, yaitu memeliki kewenangan mengelola perkaderan dalam lingkup wilayah kepemimpinan komisariat.

b)     Tujuan
Terciptanya tenaga-tenaga imstruktur yang mempunyai kualifikasi dan kopetensi menjadi instruktur cabang dalam pengkaderan ditingkat komisariat.

ü  Latihan Instruktur Madya (LIM)
a)     pengertian
Latihan Instruktur Madya (LIM) adalah kegiatan perkaderan khi\usus yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga instruktur tingkat Daerah, yang memiliki kewenangan mengelola perkaderan utama dalam lingkup wilayah kepemimpinan Pimpinan Daerah IMM.

b)     Tujuan
Terciptanya tenaga-tenaga instruktur yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi menjadi instruktur perkaderan ditingkat Daerah.


ü  Latihan Instruktur Paripurna (LIP)
a)     Pengertian
Latihan Instruktur Paripurna (LIP) ) adalah kegiatan perkaderan khi\usus yang dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga-tenaga instruktur tingkat Pusat , yang memiliki kewenangan mengelola perkaderan utama dalam lingkup wilayah kepemimpinan Pimpinan Pusat IMM

b)     Tujuan
Terciptanya tenaga-tenaga instruktur yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi menjadi instruktur perkaderan ditingkat Nasional dan Regional.



7 komentar:

immfaijakseluhamka mengatakan...

comment atau saran saya terima .

Unknown mengatakan...

Good bsa djadikan Referensi bagi IMM Buya Hamka (STAIN PEKL)
Terima kasih kawan

Nikho Rain mengatakan...

Yaps seperti sebuah fase yang harus dijalani setiap kader ... (IMM Averroes FT UMS)

Unknown mengatakan...

IMM jaya

Unknown mengatakan...

Kurang jelas

Unknown mengatakan...

❤️

mhdnurzaman_ mengatakan...

Ini yang dicari-cari, makasih yaa, jelas banget n rinci..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Jhoy Coles Arts | Bloggerized by Pk IMM Uhamka - Fakultas Agama Islam | thanks to Allah