Rabu, 14 September 2011

Menjadi Mahasiswa tidak Hanya Sebatas Masuk Kuliah….

Menjadi mahasiswa tidak hanya sebatas masuk kuliah, ketemu dosen, menyelesaikan tugas dan begitu begitu saja aktivitas yang dilakukan sepanjang masa perkuliahan. Kalau menurut saya, ketika menjadi mahasiswa sebaiknya ikut aktif di salah satu UKM atau aktivitas aktivitas yang bermanfaat.
Maksud saya disini adalah bahwa mahasiswa itu tidak hanya harus cerdas secara akademik tapi lebih penting juga mampu dalam membangun hubungan sosial dan memiliki pengalaman organisasi. Hal ini bermanfaat ketika nanti terjun ke dunia kerja, apalagi yang berniat memilih dunia perkantoran.
Banyak cotohnya dapat kita lihat, misalnya di lingkungan pemerintahan. Banyak atasan yang tidak bisa mengarahkan anak buahnya untuk bekerja, sebab dia tidak memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang dia inginkan. Tidak mampu mengarahkan orang lain. Tidak terbiasa menghadapi orang dengan berbagai type dan karakter. Yang pada akhirnya hubungan antara atasan dan bawahan tidak berjalan dengan baik.
Menurut saya tipe atasan seperti ini ada karena tidak ada atau kurangnya basic organisasi ketika masih aktif di dunia perkuliahan. Jadi kemampuan untuk berinterkasi dengan orang lain kurang baik. Sehingga kondisi di lingkungan kerja pun tidak berjalan baik.
Apalagi di lingkungan birokrasi, sistem karir kadang tidak objektif, malah lebih subjektif. Meskipun kemampuan minim tetapi pendekatan ke atasan bagus, kemungkinan ada jalan untuk menduduki suatu jabatan. Makanya tidak heran kalau banyak orang yang punya kemampuan teknik bagus tetapi tak punya jabatan. Salah satu faktornya adalah karena ketidakmampuan bersosialisasi dan membangun hubungan dengan orang lain.Sehingga kemampuan yang dimiliki tidak terekspose. Akhirnya karir pun kurang berkembang.
Intinya sih kalau kalau mau berkarir di dunia kerja. Sebaiknya belajar dan mencari pengalaman organisasi atau kegiatan lain selama masih aktif sebagai mahasiswa.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Jhoy Coles Arts | Bloggerized by Pk IMM Uhamka - Fakultas Agama Islam | thanks to Allah